Sumber Inspirasi Minimalist Web


Setiap orang punya tokoh yang menginspirasi mereka, berikut ini adalah orang-orang yang menginspirasi saya dalam mengelola Minimalist Web.

The Minimalists

Duo narablog asal Amerika ini banyak memengaruhi saya baik dalam cara pandang hidup maupun mengelola blog.

Awal 'perjumpaan' saya dengan mereka adalah ketika saya sedang mencari referensi tips dan trik menulis. Dan, saya menemukan salah satu episode podcast mereka yang membahas tentang tips menulis.

Dari situ saya mulai tertarik dengan minimalisme dan hidup minimalis yang mereka bahas di dalam tulisan maupun podcast mereka.

Dua audiobook mereka, Minimalism: Live a Meaningful Life dan Essential adalah podcast yang paling sering saya dengar berulang kali.

The Minimalist juga menginspirasi saya dalam hal desain blog, yaitu terkait pengaturan lebar halaman blog. Menurut saya, dengan lebar halaman blog yang tidak terlalu penuh seperti ini membuat tulisan-tulisan saya jadi lebih mudah dibaca.

Setidaknya itu yang saya pikirkan. Menurutmu bagaimana?

Zen Habits

Sebuah blog yang dikelola oleh Leo Babauta yang sangat minimalis dan kental dengan tema pengembangan diri.

Saya pernah mencoba mengadopsi tampilan blog jadi seperti Zen Habits, hanya teks tanpa gambar.

Hasilnya, ternyata gaya itu tidak cocok buat saya. Pada akhirnya, yang saya ambil dari blog ini adalah pemilihan font saja.

Awalnya, saya menggunakan font klasik seperti Droid Serid. Namun, sekarang saya mengganti font ini dengan Montserrat yang lumayan modern tapi tetap mudah dibaca.

Selain Montserrat, sebenarnya saya suka font Raleway. Namun, yang bikin kurang sreg adalah Raleway tampak kurang bagus ketika teks dan angka dikombinasikan jadi satu.

Sebelum kelupaan, Zen Habits juga menginspirasi saya untuk meletakkan navigasi di bagian bawah blog. Unik saja model peletakkan seperti itu.

No Sidebar

Beberapa blog tentang minimalisme yang saya pernah kunjungi, hampir semuanya tidak memiliki kolom sidebar.

Filosofi ini yang saya pelajari dari blog No Sidebar yang dibuat oleh Brian Gardner, web desainer yang banyak membuat desain web bernuansa minimalis.

Blog tanpa sidebar sepertinya cukup keren. Simpel dan minimalis.

Alhasil, template tanpa kolom sidebar menjadi favorit saya. Sebelum saya beralih ke template premium dari Maha Templates, saya cukup lama bertahan dengan template Write, template satu kolom, tanpa sidebar yang juga kental dengan nuansa minimalisnya.

Jeff Saris

Terakhir, kalau kamu lihat di bagian bawah blog ini, di area navigasi saya membuat halaman Tentang Blog dengan Apa, halaman Tentang Narablog dengan Siapa, dan halaman Kontak dengan Di Mana.

Ini saya adopsi dari blog pribadi Jeff Saris, web desainer di balik blog The Minimalists.

Cukup keren kan? Hehehe... .


Kalau kamu, siapa sih yang menginspirasi kamu dan blogmu?


2 comments

  1. Keren banget....lha siapalah yang bikin wong sudah full skilled begini.
    Blog ini bisa banget dijadiin referensi bagi teman-teman yang ingin seriusin blog-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih apresiasinya, masih belajar juga kok ini 😊

      Delete

Post a Comment

Pages

© 2019

Minimalist Web