Tanpa Typo Dengan Microsoft Word


Setelah ini, jangan ada lagi typo di antara kita ya.


Pernah enggak, kamu pergi ke tempat makan favoritmu, memesan menu favoritmu, tapi ternyata makanan yang kamu terima enggak sesuai sama pesananmu?

Minta sambal level 3, eh dikasih level 10. Alhasil mules-mules dah si perut.

Kurang lebih seperti itulah gambaran ketika tulisan yang kita buat dipenuhi typo alias salah ketik. Akibatnya di mata pembaca, tulisan kita ibarat menu yang salah saji. Walaupun minor, tapi tetap saja mengganggu. Apalagi kalau pembaca kita adalah sesama penulis, atau narablog, yang lebih awas terhadap hal-hal kecil seperti ini.

Di tulisan kali ini, saya ingin sekadar berbagi pengalaman saja tentang bagaimana saya memperbaiki kualitas tulisan saya dengan mengurangi jumlah typo menggunakan program Microsoft Word.

Berarti cuma bisa untuk pengguna Microsoft Word dong? Kalau yang pakai Apple gimana dong? Ya mohon maaf, saya enggak pakai Apple. 

Kecuali kalau Mas/Mbak-nya berkenan mengirimi saya 1 unit komputer Apple buat saya eksperimen dan cari tahu. Saya ini orang yang nrimo kok. Kalau dikasih ya diterima, nggak dikasih ya minta.

Jadi, seperti apa sih caranya mengurangi typo menggunakan Microsoft Word?

Pertama
Buka program Microsoft Word dan mulai menulis seperti kamu menulis pada umumnya. Nulis aja.

Kedua
Blok semua teks. Bisa dengan mengetik Ctrl+A atau memakai mouse.

Ketiga
Klik format bahasa di bagian bawah program, ganti ke Bahasa Indonesia (kalau dalam Bahasa Indonesia).

Keempat
Perhatikan kata-kata bergaris merah. Itu adalah cara menemukan typo dalam tulisan kita. Selanjutnya, arahkan kursormu ke kata tersebut dan klik kanan pada mouse-mu. Kamu akan menemukan beberapa opsi kata yang sesuai dengan kebutuhanmu.


Kecuali, kalau kata tersebut adalah sebuah istilah, nama, atau apa pun yang sengaja kamu niatkan tidak ditulis dalam Bahasa Indonesia.

Kelima
Selesai dengan typo. Sekarang kamu bisa lanjut ke proses berikutnya, yaitu membaca ulang tulisanmu dari awal sampai akhir. Pastikan kamu lebih banyak menggunakan kalimat aktif, memilih kata yang tepat, dan lain sebagainya.


Selamat mencoba!

10 comments

  1. ada fitur cepat ya untuk correction nih word, saya ga pernah pakai fitur ini mas, btw ini blog baru ya?

    ReplyDelete
  2. makasih, aku sering banget typo padahal sdh diulang2 bacanya

    ReplyDelete
  3. Sama-sama mbak...semoga bermanfaat 😊

    ReplyDelete
  4. aku juga nih, meski dibaca berulang kali. tetep aja masih ada yang typo. Makasih infonya mas. Patut dicoba nih :)

    ReplyDelete
  5. Ilmu baru nih mas.
    Cumaaann, yang masalah adalah, kalau saya nulis di word dulu terus dipindah ke blog, formatnya jadi auto kacau, sebel rasanya, jadinya saya nulis langsung di blog aja, terus kadang (((KADANG))) di preview dulu, tapi kebanyakan sih cuman dibaca di draft lalu publish, yang penting url ga typo aja sih, kalau tulisan typo, biasanya saya edit lagi hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih. Coba setelah di-paste ke blogger, diklik Clear Format.

      Terakhir saya coba memang perlu dirapikan lagi dan format teks (bold, italic) jadi hilang semua. Yang tersisa cuma hyperlink.

      Mungkin...tips ini lebih cocok dipakai buat nulis naskah buku kali ya 😅

      Delete
  6. Aku malah sering gunain fitur bahasa itu buat ilangin tanda merah yang mengganggu (karena default english kan) 🤣 ternyata bisa ya buat ngecek tipo wkwkw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...saya juga dulu mikirnya gitu. 😁

      Trus lama-lama, mikir...kenapa nggak dimanfaatin aja ya.

      Delete

Post a Comment

Pages

© 2019

Minimalist Web