Menjadi Versi Terbaik Dirimu

Klik di judul untuk membaca isi tulisan ini selengkapnya.




Jadilah dirimu sendiri.

Beberapa orang mengartikan kalimat tersebut sebagai, "Aku itu orangnya ya gini ini, apa adanya" yang entah gimana, lebih terdengar seperti ada apanya daripada apa adanya.

Menemukan jati diri memang nggak semudah membalik telapak tangan. Perlu proses. Pasang surut kehidupan adalah bagian dari proses pendewasaan yang membantu kita menemukan makna diri yang sebenarnya.

Menjadi diri sendiri, apalagi versi terbaik diri kita tidak mudah. Sama tak mudahnya dengan menjadi orang lain (dalam jangka panjang).

Tapi, menjadi versi terbaik diri kita menjanjikan kebahagiaan sejati. Bukan sekedar kesenangan semu karena 'diterima' oleh masyarakat umum.

Di usia yang sudah tak muda lagi walaupun, ogah juga dibilang tua, saya masih suka mencari dan bereksperimen dengan jati diri saya.

Kadang saya mengimitasi si Anu, meniru si Inu dan mencoba seperti apa sih jadinya kalau saya melakukan itu.

Kadang-kadang, saya juga mencoba menciptakan sendiri versi-versi saya sendiri. Bereksperimen dalam menemukan jawaban atas pertanyaan, "Siapa saya?"

Jika saya merasa nyaman, memberi kontribusi dengan menjadi versi-versi tersebut, artinya saya perlu membiasakan diri menjadi versi tersebut.

Sesimpel itu pikiran saya.

Walaupun saya juga melihat penerimaan orang lain sebagai salah satu indikator keberhasilan dalam eksperimen-eksperimen kecil itu, tapi tak berarti 'diterima' menjadi tujuan akhirnya.

Kadang kita perlu menjadi berbeda dan 'tidak diterima'. Karena toh, kita punya cara sendiri dalam melihat kehidupan, nilai yang kita anut. Nggak selalu harus sama dengan orang lain.

Tapi nggak juga terlalu ekstrim sehingga membuat kita bebal terhadap saran dan masukan orang lain.

Intinya, menjadi versi terbaik dirimu kan menjadi sebaik-baiknya kamu sehingga kamu merasa bahagia dengan dirimu sendiri dan berkontribusi positif buat orang di sekitarmu.

Bagaimana denganmu? Seperti apa sih versi terbaik dirimu dan apa yang kamu lakukan untuk menjadi versi terbaik dirimu?

Post a Comment