Jangan Paksakan Standarmu Kepada Orang Lain


Standar tinggi

Punya standar tinggi bukan sesuatu yang buruk. Justru hal itu menunjukkan tingkat perhatian kita terhadap aspek kualitas.

Tetapi seringkali timbul masalah, karena standar tinggi ini kita 'paksakan' kepada orang lain. Sehingga membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Bukannya tidak nyaman itu jelek, hanya saja, lihat dulu konteksnya bagaimana.

Setiap orang punya standar, nilai, pengetahuan dan tingkat keterampilan yang berbeda-beda. Apa yang bisa kita kerjakan dalam sekejap mata, bisa jadi membutuhkan upaya ekstra keras, bercucuran darah, keringat dan air mata jika orang lain yang melakukan.

Belum lagi soal nilai pribadi. Apa yang 'seharusnya' atau ideal buat kita, mungkin di mata orang lain itu biasa atau justru tidak berarti apa pun.

Intinya, nggak apa-apa kok kamu punya standar tinggi dalam segala jenis aspek hidupmu. Tapi, akan lebih bijak kalau kamu tidak memaksakan standar itu kepada orang lain.

Hidup mereka sudah cukup bermasalah tanpa harus kamu suruh ngikut standar hidupmu. Jangan lah kamu tambah beban hidup mereka dengan ekspektasi selangitmu.

2 comments:

  1. bener banget ini mbak. Paling tidak kita memang harus mengenal dengan baik orang lain sebelum menerapkan standard yang kita inginkan.

    ReplyDelete

Bagikan tanggapan, kritik maupun saran kamu tentang tulisan ini.

Jangan lupa klik subscribe sebelum pergi.