Serius Ngeblog

Tulisan ini tergelitik saat membaca tulisan mbak Andayani Rhani tentang keputusannya lebih serius ngeblog. Dalam benak saya timbul pertanyaan, serius ngeblog itu apa sih?


Apakah saat kita nge-dotcom? Atau ketika kita berhasil memasang adsense di blog?

Atau sesederhana mulai berhati-hati dalam memposting dengan terlebih dahulu memastikan kualitas dan keterbacaan setiap postingan?

Tentang Serius Ngeblog

Sebenarnya ironis kalau nasehat seperti ini keluar dari seorang bloger biasa-biasa seperti saya. Jadi, kalau kamu merasa apa yang saya sampaikan di sini hanyalah omong kosong, ya nggak apa-apa sih.

Tulisan ini sebenarnya lebih sebagai pengingat saya pribadi untuk mulai lebih serius dan sungguh-sungguh menjaga disiplin dan konsistensi ngeblog.

Tiap orang punya cara memaknai ngeblog serius. Namun, menurut saya, serius dalam arti umum kan menjalani sesuatu dengan sungguh-sungguh. Jadi harusnya dalam konteks ngeblog, makna serius juga mengandung arti sungguh-sungguh ngeblognya bukan?

Terlepas dari apa pun niat awal atau tujuan ngeblog, saat seorang bloger memutuskan serius ngeblog, harusnya ia mulai melakukan proses demi proses ngeblog dengan sungguh-sungguh.

Nggak lagi sekedar main-main atau menyesuaikan mood atau cuaca hari itu.

Serius ngeblog juga berarti harus disiplin melakukan semua (ya semua itu maksudnya kabeh) proses ngeblog, suka nggak suka, mood nggak mood. Nggak peduli hujan atau terang.

Mulai brainstorming, menulis naskah awal, menyunting, menayangkan tulisan hingga mempromosikannya, blogwalking, semua harus dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Serius Ngeblog Versi Saya

Saya pribadi, saat mulai ngeblog di Minimalist Web, goal saya adalah untuk berbagi pandangan dan pengalaman pribadi saya mengenal, mencoba dan menjalani gaya hidup minimalis.

Saya juga ingin memiliki pembaca setia. Karenanya penting bagi saya untuk menjaga isi dan cara saya menyampaikan pesan dalam tulisan-tulisan saya. Ini adalah cara saya menghargai waktu dan perhatian yang pengunjung blog berikan untuk membaca tulisan-tulisan saya.

Jadi, jika ditanya ngeblog yang serius versi saya adalah ngeblog dengan sungguh-sungguh menjaga kualitas dan keterbacaan konten-konten dalam Minimalist Web.

Selain itu konsistensi untuk menjaga konten tetap ter-update juga bagian tak terpisahkan dalam serius  ngeblog versi saya.

Basically, saya mematok waktu seminggu sekali untuk meng-update postingan, itu sudah yang paling realistis.


Ya, begitu lah serius ngeblog versi saya. Bagaimana denganmu? Seperti apa sih serius ngeblog menurutmu dan sejauh ini sudahkah kamu serius ngeblog?

Feel free to share pengalaman atau pun opini pribadimu.

32 comments:

  1. Dulu awal-awal ngeblog cuma curhat dan diisi setahun sekali. Kalau ada yang baca aja rasanya seneng banget. Sekarang karena "merawat" blog agar bisa menghasilkan menjadikan saya lebih serius menulis konten, juga serius menjaga kaidah-kaidah dunia perblog-an agar sesuai dengan keinginan pembaca, MOZ, google, dan klien, wkwkw. Ya termasuk konten dan blog itu sendiri. Tapi seru juga. Jadi belajar banyak hal dan dapat sedikit "cuan". Setidaknya sedikit lebih semangat versi saya, hehe. Jadi memang betul sekali semua kembali ke tujuan masing-masing ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahun sekali? Wkwkwkwk... .

      Berarti setelah clear sama apa tujuan awalnya ngeblog, nyeriusin blog jadi lebih mudah ya.

      Thanks share-nya mbak.

      Delete
  2. Saya ngeblog mulai 2012, sempet stuck di 2015 dan 2016, karena lagi fokus sama kerjaan nyata, dulu juga jarang nulis, sebulan bisa nulis 1 aja udah syukur, hehe..

    Dan mulai serius lagi di 2017 sampai sekarang. Awalnya cuma nulis cerpen dan puisi, tapi makin kesini tulisannya malah campur-campur, haha..

    Jujur, saya mulai serius ngeblog setelah ada adsense, wkwk.. Di acc sekitar 2 tahun lalu. Target nulisnya minimal 1 hari 1 post. Dan mood harus tetap terjaga, biar si males nggak gampang ngegoda, hehe.. 1 lagi, harus banyakin referensi bacaan, biar otak kepancing buat dapet ide cerita.

    Pengennya sih bisa nerbitin buku kumpulan cerpen atau puisi gitu, hehe.. Karena memang itu tujuan awal saya nulis. Yah, semoga saja terwujud someday :D

    Well, itu aja kali ya, hehe..
    Makasih ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga dimampukan untuk mewujudkan mimpinya menulis ya Mbak.

      Adsense ternyata bisa memicu keseriusan bloger untuk ngeblog ya. Hehehe.

      Delete
  3. Serius ga serious sih, pokoknya tetap menulis, walalun pernah mandek sebulan ga dapet feel, ide, waktu karena kesibukan yang lain. Pernah ganti-ganti blog juga. Ada blog cerpen. Ada blog seminar. Aku pisahin. Supaya pembaca bisa bedain mana yang fakta dan mana yang fiksi semata.
    --
    Waktu habis bukan karena mikirin konten tapi SEO, biar ada di urutan halaman pertama google, ganti template karena gratisan (si mpunya ngapdate jadi kadang relative postnya hilang. Komentar ga muncul. Amp salah. Kode salah.
    --
    Aku mulai mau belajar ngurusin htmlnya malahan.
    ---
    Tapi aku tetap suka nulis cerpen, meski ga menghasilkan materi tapi senang kalau ada pembaca yang datang dan koment.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm...agak bingung saya. Jadi maksud mas Agus, serius ngeblog itu soal blog dengan tema dan tampilan spesifik gitu kah?

      Delete
  4. Kalau saya serius ngeblog itu ya kudu meluangkan waktu untuk ngeblog paling tidak dalam sepekan atau sebulan harus ada target. Trus yg termasuk serius ngeblog juga ketika kita tidak hanya memperhatikan kuantitas tapi juga kualitas dari ngblog itu sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih ke nyeriusin pada proses pengerjaan kontennya berarti ya mbak?

      Makasih share-nya.

      Delete
  5. Saya selama ini nyeriusin blog2 klien. Serius ngeblog sendiri belum lama, sejak november 2019. Tujuan utamanya buat nyari duit.

    Yang menandai saya serius diantaranya saya rencanain blog saya sampai 2 tahun ke depan langkahnya harus apa aja. Termasuk bikin ratusan ide konten berbasis keyword biar gak bingung/berhenti di tengah jalan.

    Nyiapin bahan2 konten seperti buku, majalah, narasumber, dll. Nyiapin blog inceran buat link buiding, kebanyakan guest post sih. Dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius berarti bener-bener direncanain gitu ya sampe se-detil2nya.

      Thanks sharingnya mas.

      Delete
  6. Kalau saya serius itu ya fokus mas.. jadi istiqomah tiap hari update itu baru serius.. hehe soalnya ada web yang lama dan jarang update jadi itu dibiarkan saja krn tdk fokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi dari konsistensi ngupdate konten ya mas.

      Terima kasih sharingnya.

      Delete
  7. Kaget waktu lihat link postingan ini di salah satu grup karena ada nama sayanya hehehe, btw nama saya Andayani Rhani mas bukan Nirhani 😂 salam Kenal ya, biar ndak salah lagi hehe ...

    Sejak awal singgah, saya sangat suka dengan blog ini. Kira-kira di akhir tahun 2019 lalu saat mencari tulisan tentang hidup minimalis. Tulisan mas ini sangat mudah dipahami, sederhana tapi bermakna.

    Btw, pandangan saya sendiri tentang serius ngeblog nggak berbeda jauh dari mas Prima, kok. Serius artinya sungguh-sungguh dalam mencapai tujuan. Sedangkan tujuan utama saya ngeblog sendiri adalah untuk berbagi cerita dan pengalaman supaya bisa bermanfaat bagi orang lain.

    Oh iya, sekalian mau jawab pertanyaan mas Prima di postingan saya hehehe... Tarif parkir di daerah saya hanya 2.000 rupiah kok mas, karena saya biasanya bawa kendaraan motor, itupun masih milik orang tua. Kalau dibayar pake Adsense saya masih dapet kembalian seribu hehehe. Semoga menjawab rasa penasaran mas Prima :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh typo dong. Baiklah...saya update kalo gitu.

      Terima kasih apresiasinya buat blog yg sederhana tapi biasa ini 😊

      Berarti kalo bisa saya simpulkan, serius versi mbak Andayani itu merujuk ke tujuan awal pembuatan blog ya.

      ***

      Waduh mahal juga ya, di sini bisa parkir 4x itu mbak 😅

      Delete
  8. mantap. Saya awal ngeblog 2017 itu posting diary saya sehari2 mas wkwkwk. Dulu masih alay2 gimanaa gt tulisannya. Alhamdulillah skrg bikin blog baru Aubinesia.com sejak Agustus 2019 dan langsung bisa peringkat 26.000 di Alexa Rank se-Indonesia.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bedanya aubinesia.com dg blog2 yang dulu apa mas?

      Boleh share, apa yang mas lakukan sehingga bisa nangkring di peringkat 26000 Alexa?

      Hubungannya dg serius ngeblog itu seperti apa?

      Delete
  9. Terima kasih sudah menulis postingan ini mas, jd pengingat juga bagi saya untuk kembali serius ngeblog. Konsisten menulis di blog rasanya susah susah gampang ya. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat mbak. Anyway, serius ngeblog buat mbak Lucky itu yang seperti apa sih?

      Delete
  10. Serius Ngeblog ala saya, blog jangan ditinggal terlalu lama, apalagi yang TLD. klo udah sering nulis, meski seminggu sekali, pasti kangen kalau nggak nulis. Ya, nggak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi lebih ke frekuensi update postingan ya mbak?

      Makasih share-nya. Emang ada guilty feeling gimana gitu sih kalau blog udah lama nggak disambangi 😁

      Delete
  11. Keren. Ngeblog bagi saya adalah passion dan panggilan hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cool. Jadi udah seserius apa nih mas ngeblognya?

      Delete
  12. Rasanya serius ngeblog memang PR para blogger apalagi pemula seperti saya. Menunggu mood dan update suka-suka tanpa konten yang berarti yang perlu dibenahi, memang. Kembali lagi pada tujuan setiap individu untuk ngeblog, why and how?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm...maksudnya mbak, serius ngeblog itu soal konsistensi berarti?

      cmiiw

      Delete
  13. Bagi blogger pemula yang belum pinter merangkai kata-kata menarik seperti saya ini harus selalu push mood biar tetep bisa nulis. Apalagi saya ini orangnya agak moody an susah ngejaga mood, dan itu jadi PR banget hingga saat ini. Tapi kalau ingat goalnya sih mau ngga mau mood ngga mood juga harus semangat teruss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Goalnya apa mbak Eva kalau boleh tahu?

      Delete
  14. prinsipnya keren, sukses selalu
    ngeblog bagi saya setidaknya media independen tempat menyalurkan ekspresi dalam bentuk konten.
    karena saya sendiri, menulis ketika ada yang mau ditulis.. sumber dari pengetahuan baru, pengalaman baru.
    Serius ngeblog sependapat saya, menulis dengan menjaga kualitas konten, dan berbagi pandangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sepakat mas, konsistensi ngeblog itu cerminan dari keseriusan seorang bloger. Bukan cuma konsisten update, tapi juga konsisten dari sisi kualitas konten mereka.

      Delete
  15. Kalau saya mulai masuk ke dunia blogging berawal dari tugas guru komputer saya. Saya disuruh membuat blog dengan jumlah postingan sebanyak 7 postingan. Sampai sekarang saya masih ngeblog. Pernah satu sampai 2 bulan tidak posting tapi saya serius ngeblog lagi. Kalau saya serius ngeblog kadang iya kadang juga tidak. Jadi nggak nentu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi menurut Christopher, serius ngeblog itu yang seperti apa sih?

      Delete
    2. serius ngeblog versi saya seperti sering posting minimal seminggu satu postingan atau kalau bisa lebih dari itu terus templatenya juga saya perbarui kalau ada masalah sama templatenya. Itu versi saya ya.

      Delete
    3. Great! Masalah template, sebelumnya nggak kepikiran nih. Thanks masukannya.

      Delete

Bagikan tanggapan, kritik maupun saran kamu tentang tulisan ini.

Jangan lupa klik subscribe sebelum pergi.
EmoticonEmoticon

Connected