Blog Decluttering

Decluttering blog



Sebuah email pemberitahuan saya terima dari Domainesia, tempat saya membeli domain untuk Minimalist Web, kalau masa berlaku domain saya sudah mau jatuh tempo.

Artinya sudah hampir setahun nih, ngeblog di Minimalist Web, membagikan pengalaman-pengalaman dan opini tentang hidup minimalis yang saya jalani bersama keluarga kecil kami. 

Awalnya

Minimalist Web merupakan blog kedua saya, setelah blog sebelumnya primachandra.com saya pensiunkan. 

Sebagaimana kalian tahu, ngeblog itu perlu konsistensi, dan mengingat aktivitas harian saya di tempat kerja, menjalani peran sebagai suami dan ayah yang sangat menyita waktu, energi dan perhatian, tampaknya menambah kesibukan dengan mengelola dua blog, bukan langkah bijak untuk dilakukan.

Di awal, saya membuat blog ini adalah untuk berbagi pengalaman dan opini saya menjalani hidup minimalis, sebagai seorang karyawan, suami dan ayah.

Harapan saya, secuil cerita yang saya bagikan bisa bermanfaat dan menginspirasi para pengunjung blog ini untuk menjalani hidup sederhana, bersahaja dan penuh makna.

As time goes by...

Seiering dengan berjalannya waktu, ada kalanya saya membuat beberapa postingan yang OOT dari hidup minimalis. Hal-hal personal yang ingin saya tuangkan, sebatas biar nggak lupa.

Kadang saya juga bermain-main dengan pengkategorian blog dan template. 

Ada kalanya saya melakukan itu supaya pengunjung bisa lebih nyaman berada di web ini, tapi harus saya akui, terkadang saya lakukan itu karena seneng aja berkreasi dengan desain web. Walaupun, saya bukan graphic designer profesional.

Karena beberapa poin yang sudah keluar jalur ini, saya pikir momen jelang ulang tahun blog ini, merupakan waktu yang pas untuk melihat kembali kenapa saya memulai dan bagaimana saya menjalani in actual condition. Udah sejalan belum.

Dalam konsep hidup minimalis, salah satu komponen pentingnya adalah aktivitas decluttering*alias berberes. Singkatnya, apa yang kita lakukan saat decluttering adalah menyeleksi semua  hal (benda, relasi dll), menyimpan yang memberi nilai tambah atau membuat kita merasa bahagia, dan menyingkirkan hal-hal yang berlebihan.

Dan tampaknya, decluterring juga perlu saya lakukan untuk blog ini. Memilah-milah mana yang stay dan mana yang harus pergi.

Supaya, hanya konten yang bermanfaat, memberi nilai tambah bagi pembaca dan...di saat yang sama, membuat saya bahagia. Untuk konten-konten yang OOT dan tidak memberi manfaat bagi pembaca, akan saya review ulang.

Kemungkinannya dua, revisi atau eliminasi. 

Kebetulan saya punya akun di Medium, yang bisa saya gunakan untuk menampung konten-konten yang, lebih banyak sambatannya dibanding kebermanfaatannya bagi pembaca. 

Jadi...

Stay tune dan semoga dengan beberapa update yang saya lakukan di blog ini membuat kalian semakin nyaman dan mendapat nilai tambah dari tiap konten yang ada.

Semoga kalian tetap nyaman berlama-lama di sini. Jika kalian punya saran, pertanyaan mau pun cacian, silahkan kirim melalui kolom komtar di bawah ini.

Kalian juga bisa subscribe untuk mendapat update terbaru blog ini.