Bila Masa Depan Tak Lagi Menyimpan Misteri

Bila Masa Depan Tak Lagi Menyimpan Misteri

Apa jadinya ketika masa depan tak lagi menyimpan misteri dan teka-teki? Tak ada lagi kejutan-kejutan yang memaksa kita mengubah kebiasaan, tak ada lagi kekhawatiran akan ketidakpastian di esok hari.

Hmm...hidup menjadi lebih mudah untuk dijalani bukan?

Atau justru semakin membosankan? Karena kadang, kejutan-kejutan itu lah yang membuat hidup jadi lebih indah, sekali pun tak semua kejutan terasa manis, pada awalnya.

Ini adalah opini saya tentang kemungkinan yang akan kita alami, andai saja kita telah mengetahui apa yang sudah Tuhan gariskan untuk kita. Mohon koreksi atau tanggapi bila ada yang keliru.

1. Kehilangan Gairah

Ketidakpastian masa depan memiliki dua kemungkinan: menyenangkan atau menyedihkan.

Mengetahui hal-hal menyenangkan yang mungkin akan kita alami di masa depan tentunya membuat kita bersemangat menyambut hari esok. 

Namun, apa jadinya saat semua harapan akan kesenangan itu selalu terwujud?

Alih-alih melejitkan semangat kita dalam menyongsong hari esok, mungkin kita malah kehilangan gairah untuk melangkah. Karena kita tahu pasti kalau kita akan memperoleh apa yang kita mau, dalam bentuk dan takaran yang sama persis setiap waktu.

Tak ubahnya seperti menyaksikan tayangan televisi yang sama berulang kali.

2. Malas

Mengetahui kesenangan di masa depan malah membuat kita jadi malas. Lho kok bisa?

Ya bisa, karena kita sudah tahu apa yang akan terjadi esok. Lalu, apa untungnya melakukan sesuatu yang lebih dari biasanya? Toh hasilnya sudah bisa dipastikan.

3. Takut Mencoba

Bila mengetahui kesenangan-kesenangan yang akan terjadi bisa menurunkan semangat hidup, apa jadinya jika yang kita ketahui dengan pasti, membawa duka lara.

Bisa-bisa kita justru enggan dan takut untuk sekedar mencoba maupun melangkah. Karena sudah menjadi sifat dasar manusia untuk mengejar kesenangan dan menjauhi kesedihan bukan?

Jadi, untuk apa mencoba kalau sudah pasti gagal.

Penutup


Masa depan memang penuh dengan ketidakpastian dan tak jarang, kejutan-kejutan. Ada kalanya kejutan itu menyenangkan, tapi di lain waktu, ada pula kejutan yang menyesakkan.

Namun, justru itulah yang membuat hidup kita lebih menarik bukan. 

Kemungkinan-kemungkinan berhasil menyemangati kita untuk terus maju, mencoba hal baru, dan melakukan yang terbaik. 

Kemungkinan-kemungkinan gagal, membuat kita waspada dan menyusun rencana antisipasi untuk menghindari, mengalihkan, atau sekedar mengurangi dampaknya pada rencana-rencana kita.

Apa yang Tuhan siapkan untuk kita di masa depan, biarlah menjadi rahasia-Nya. Rahasia besar yang hanya bisa kita kira-kira melalui pertanda-pertanda yang Ia kirimkan lewat makhluk-makhluk-Nya yang beraneka ragam.

Tugas kita hanyalah mencoba memahami pertanda tersebut dan melakukan apa yang bisa kita lakukan.

3 comments:

  1. jadi bagus mana, belum tahu bagaimana masa depan atau sudah bisa memperkirakan masa depan

    ReplyDelete
  2. Kalau udah tahu masa depan, kita jadi nggak tahu apa itu yang dinamakan berharap, ya kak 😅

    Btw, template baru nih blog kakak ya. Lebih fresh 😁

    ReplyDelete
  3. Bisa gawat ya kalau manusia bisa melihat masa depannya. Memang lebih baik hal-hal yang berada di depan di sembunyikan supaya kita bisa belajar dari kegagalan juga.

    ReplyDelete

Bagikan tanggapan, kritik maupun saran kamu tentang tulisan ini.

Jangan lupa klik subscribe sebelum pergi.
EmoticonEmoticon

Connected